Pengenalan Terhadap Antropologi Kesehatan

Pengenalan : Bagian Pembelajaran Antropologi kesehatan

Antropologi kesehatan itu bagaimana cara individu yang berasal dari kebudayaan dan kelompok sosial yang berbeda menjelaskan tentang sehat-sakit, tipe-tipe mereka mengadakan pengobatan yang mereka percayai, dan bagaimana cara menanggulanginya ketika mereka sakit kembali. Ini juga merupakan studi tentang kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan keadaan biologis dalam organisme manusia, dalam hal kesehatan dan penyakit.

Untuk menempatkan subjek dalam perspektif tersebut, penting untuk diketahui tentang sesuatu disiplin dari antropologi itu sendiri, bagian dari antropologi sendiri merupakan suatu studi komparatif yang baru. Antropologi dari Yunani, berarti studi tentang manusia, sering juga disebu sebagai bidang ilmu kemanusiaan yang sangat ilmiah dan ilmu pengetahuan yang manusiawi. Ilmu ini merupakan ilmu yang bersifat holistik yang berhubungan dengan manusia, termasuk asal-usul, pembangunan, organisasi politik dan sosial, agama, bahasa, seni dan artefak.

Antropologi merupakan studi lapangan yang mempunyai beberapa cabang. Antropologi fisik sering dikenal dengan “biologi manusia”- ini mempelajari tentang evolusi dari manusia dan itu berkonsentrasi pada penjelasan perbedaan di populasi manusia di masa lalu. Dalam penyelidikan dari prasejarah manusia itu menggunakan teknik Arkeologi, Paleontologi, Genetika, dan Serologi, serta studi tentang perilaku primata dan Ekologi.

Di Inggris sendiri Antropologi yang dominan disana adalah Antropologi Sosial dan segala yang mencakup kehidupan sosial manusia. Dalam ilmu kajiannya, budaya dipandang sebagai cara manusia mengorganisir dan melegitimasi masyarakatnya dan menambahkan aspek dasar seperti sosial, politik dan organisasi politik. Berbeda dengan di Inggris, Amerika Serikat memfokuskan Antropologinya terhadap sistem simbol, ide, dan makna yang meliputi kebudayaan tersebut.

Belakangan ini Antropologi mulai mengkaji lebih spesifik lagi tentang masyarakat tradisional. Dengan menggunakan teknik etnografi, studi komparatif , pendekatan sosiologi dan psikologi juga. Antropologi Kesehatan merupakan bagian yang dikaji lebih lanjut. Para peneliti Antropologi mempelajari tentang spectrum sosio-kultural yang menunjuk pada kepercayaan masyarakat dan praktek yang berkaitan dengan sehat-sakit. Kepercayaan ini mengarah terhadap sudut pandang kemalangan (termasuk kecelakaan, konflik interpersonal, bencana alam, gagal panen, dirampok atau kehilangan). Di sebagian masyarakat juga meyakini bahwa ada kekuatan supranatural yang bisa melakukan hal-hal yang merugikan bagi masyarakat atau individu tersebut. Kekuatan supranatural tersebut biasanya di dominasi oleh penyihir, kepercayaan-kepercayaan mengenai kutukan dewa-dewa dan kepercayaan melanggar norma dan adat yang menimbulkan akibat buruk. Pengertian tentang sehat-sakit dari sebuah masyarakat seluruhnya tergantung dari sebuah sistem kepercayaan yang berkembang. Sistem terkecil yang mengajarkan kepercayaan tersebut biasanya dari keluarga dan mulai merambah ke masyarakat. Sehingga interpretasi Antropologi harus mencapai dan menjelaskan tentang kepercayaan tersebut, dimana timbul ketakutan akan sakit-penyakit yang bisa ditimbulkan oleh tindakan tersebut.

Antropologi juga bukan satu-satunya ilmu yang berperan dalam hal ini tapi juga ilmu-ilmu lain seperti Mikrobiologi, Biokimia, Genetika, Parasitologi, Patologi, Nutrisi, dan Epidemiologi. Antropologi kesehatan mencoba menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarakat dengan mengklasifikasikan penyebab dan sebab yang ditimbulkan, tapi tidak hanya Antropologi saja, Biologi kebudayaan juga diikutsertakan untuk mengetahui faktor alam yang mengakibatkan permasalahan kesehatan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s